Apakah Kucing Juga Menstruasi? Begini Bedanya Dengan Manusia

Kucing Menstruasi

Bayangkan kucing betina pawrents jalan ke warung sebelah, beli pembalut. hihihihi... lucu ya.

Sayangnya itu hanya ada pada ilustrasi gambar cover di atas saja. Faktanya, kucing tidak mengalami perdarahan hebat seperti manusia pada umunya saat mengalami "menstruasi"nya. 

Pada mamalia kecil seperti kucing, mereka tidak mengalami menstruasi layaknya manusia. Namun ada siklus yang mirip dengan menstruasi pada kucing. Siklus itu dinamakan Siklus Estrus. 

Menstruasi pada kucing atau siklus estrus, merupakan penanda bahwa kucing sedang mengalami masa subur. Pada masa subut ini, sel telur dilepaskan agar bisa bertemu dengan sperma bilamana terjadi perkawinan. 

Siklus Estrus adalah keluarnya leleran kental mirip darah melalui vagina. Leleran ini adalah sekresi atau cairan dari dinding rahim yang dilepaskan dan cukup banyak hingga sampai keluar saluran kelamin betina. 

Sepintas peristiwa ini mirip dengan menstruasi pada manusia, namun sejatinya tidak sama.

Yakin Kucing Peliharaan Sayang Kepadamu? Kenali 6 Tandanya

6 Tanda Kucing Menyayangi Tuannya

Kucing yang telah nyaman kepada ownernya, akan memberikan perhatian khusus dan menunjukkannya dengan berbagai cara. Mereka memiliki bahasa tubuh tersendiri untuk memberitahu anda bagaimana perasaan mereka kepada anda.

1. Mengikuti Anda
Tanda yang paling mudah dikenali adalah kucing mengikuti anda kemanapun anda pergi. Bahkan jika anda ke kamar mandi pun dia akan mengkuti anda. Mungkin agak menjengkelkan, tapi itulah cara mereka menunjukkan kasih sayangnya kepada anda. 

2. Menggosokkan Tubuhnya
Tanda kedua yang juga mudah diketahui adalah ketika kucing menggosokkan tubuhnya ke badan atau wajah anda. Wajah kucing memiliki feromon dan jika mereka menggosokkan ke badan atau wajah anda, menandakan bahwa kucing tersebut merasa nyaman berada disekitar anda. 

3. Menjilati Tubuh Anda
Kucing terkenal dengan hewan yang sangat menjaga kebersihan tubuhnya. Mereka melakukannya dengan grooming atau menjilati tubuhnya. Jika kucing mulai menjilati anda, berarti dia sedang menunjukkan perhatiannya kepada anda. Dia mengganggap anda adalah makhluk yang harus diberikan kasih sayang pula. 

4. Memamerkan Perutnya
Perut adalah organ yang sangat dilindungi oleh hewan predator. Karena itu merupakan sasaran empuk bagi mangsa. Namun jika kucing pawrents memarekan perutnya di hadapan anda, maka mereka menganggap bahwa pawrents adalah teman, saudara, atau pacar. hehehe... Mereka mengganggap bahwa anda adalah makhluk yang dapat dipercaya.

5. Mengedipkan Mata
Coba sesekali perhatikan kucing anda, apakah pernah kucing anda menatap tajam kepada anda namun tiba-tiba mengedipkan matanya perlahan? Sangat simpel, namun itu adalah salah satu wujud isyarat bahwa kucing menyayangi anda. 

6. Memberikan Hadiah
Pernah mendapati tikus mati diatas bantal tempat tidur anda? Itu adalah hadiah paling istimewa yang diberikan kucing kepada anda. Karena mereka berusaha berburu untuk anda. Berbanggalah, kucing tersebut sangat menyayangi anda. 


Kucing Kesayangan Tidur Terus? Ini Alasan Yang Perlu Kita Tahu

KeluargaKucing -  Ketika bangun di pagi hari, kucing peliharaan kita masih pulas tertidur. Selesai mandi pagi dan siap untuk berangkat kerja, mereka masih tidur, dan baru akan bangun ketika toples wadah dry food dibuka. Selesai sarapan, si anak bulu kaki empat ini terlihat Malas dan Tidur lagi. Ada apa sebenarnya dengan kucing kita?

Hal ini sebenarnya wajar. Kucing sebagai hewan predator membutuhkan waktu tidur yang cukup lama untuk mengumpulkan energi. Mereka memerlukan tenaga ekstra untuk berlari mengejar mangsa.

Antara anak kucing dan kucing dewasa memerlukan waktu tidur yang berbeda. Dan, tidur mereka untuk keperluan yang berbeda pula.

Newborn kitten atau bayi kucing menghabiskan hampir 22 jam dalam sehari untuk tidur. Sedangkan anak kucing yang berusia 8 sampai dengan 12 minggu, bisa tidur paling lama 20 jam dalam sehari, tergantung pada aktivitas mereka.

Anak kucing yang hiperaktif akan memerlukan waktu tidur yang lebih lama dari anak kucing yang pasif. Jangan takut kitten kesayangan pawrents hiperaktif dan sangat senang bermain. Mereka melakukannya untuk melatih dan mengembangkan fungsi otot mereka.

Namun perhatikan pawrents, kitten yang tidur sangat lama dan tampak lemas ketika diajak bermain, mungkin ia sedang sakit. Segera Periksakan ke dokter ya pawrents.

Pada Kucing dewasa, kebutuhan tidur berkurang hampir setengahnya. Mereka membutuhkan waktu tidur antara 12-18 jam sehari. Cuaca ikut memengaruhi pola tidur kucing. Walaupun kucing berdarah panas, namun kucing akan tidur lebih lama pada saat musim dingin.

Kucing yang aktif bermain, membutuhkan waktu tidur siang yang lebih lama. Jadi, jika kucing pawrents susah tidur, ajak mereka bermain sebentar, buang energi tersimpan mereka dan buat mereka capek.

Kucing sejatinya adalah hewan nocturnal alias hewan yang aktif dimalam hari. Namun, pola tidur kucing dapat dilatih mengikuti pola tidur pemiliknya. Mereka cukup fleksibel, maka saat manusia tidur malam hari, mereka dapat dilatih pula untuk tidur mengikuti pola tidur manusia.

Kucing yang sudah tua memerlukan waktu tidur yang lebiih lama. Organ tubuh mereka sudah tidak sesegar dan sesehat diwaktu muda. Sama seperti anak kucing, mereka membutuhkan waktu yang lebih lama dari kucing dewasa. Sekitar 20 jam setiap harinya.

Kucing tua lebih pemilih dalam menentukan dimana mereka tidur. Mereka lebih menyukai tempat-tempat yang empuk, nyaman dan hangat. Berbeda dengan kucing muda yang bisa tidur dimana saja.

Sediakan bantal, tumpukan kain, atau Pawrents dapat membuat tempat tidur untuk si kucing. Sediakan beberapa tempat dan biarkan Pak Tua memilih dimana ia tidur.

Selamat tidur kucing-kucing kesayangan. Sleep Tight

WOW, Ternyata Kucing Menganggap Kita Adalah Pembantunya


KeluargaKucing - Di alam liar, pejantan alfa adalah raja di dalam koloninya. Pun begitu jika anda memiliki kucing pejantan alfa. Dialah penguasa di rumah anda, dan dia bisa menganggap anda adalah anak buahnya. Huahahahahaha.... 


Kucing alfa Selalu Jantan?

Kucing alfa tidak selalu kucing jantan. Kucing betina pun bisa menjadi alfa. Namun menurut statistik di alam, pejantan alfa lebih banyak daripada betina alfa. Kucing alfamemiliki wilayah kekuasan yang luas, tergantung seberapa tangguh dia terhadap pejantan alfa lainnya. 


Apa Ciri-Ciri Kucing Alfa?

Kucing alfa biasanya lebih agresif ketika bertemu dengan kucing baru yang masuk ke wilayahnya. Wilayah yang dimaksud adalah wilayah mereka mencari makan, dan mereka menandai batas wilayah dengan cara mengencinginya. Kucing alfa biasanya memeriksa kucing baru dengan cara mengendus ekornya. Jika si kucing baru takut atau menyerah sebelum bertarung, dia akan meninggalkan kucing alfa sendiri dan berlari menjauh. Namun jika si kucing baru berani, dia akan mengajak bertarung hingga titik darah penghabisan. 

Kucing alfa tidak suka diatur. Dia merasa memiliki kuasa atas segalanya, bahkan atas diri anda sebagai owner. Jika kucing alfa tidak senang atas apa yang anda lakukan kepadanya, dia mungkin akan hissing kepada anda, mengeong dengan keras, atau bahkan menggigit anda. Jika anda mencoba menggendong kucing alfa, yang mungkin tidak mau digendong, sangat mungkin anda akan mendapatkan bekas luka cakar baru di tangan. hehehe

Memanjakan Kucing Alfa Anda

Pawrents pernah mengalami dicakar tiba-tiba saat menggendong atau mengelus kucingnya? Jika iya, mungkin pawrents memiliki kucing alfa. Kucing alfa menentukan sendiri kapan dia mau di elus dan kapan pawrents harus berhenti mengelus. Dia akan memberikan tanda yang jelas, seperti memicingkan mata, mengibaskan ekornya kekanan-kekiri, dan memandang anda dengan sinis. Namun sebagai owener kita sering tidak menghiraukannya, dan voila....anda menambah luka cakar baru di tangan. hehehe

Suka Membully

Kucing alfa selalu menganggap dia adalah bos di lingkungannya. Jika anda hanya memiliki satu ekor kucing, dan kebetulan dia adalah alfa, selamat, anda adalah anak buahnya. Dia akan menindas anda *evil laugh*. Pawrents mungkin pernah digigit, atau dibangunkan dari tidur oleh kucingmu hanya untuk memberinya makan. Kucing alfa milik pawrents ingin menegaskan "AKULAH BOSMU". 

Jadi, apakah kucing kita adalah binatang alfa? berikan komentar dibawah

Kucing Sakit Setelah Dimandikan? Begini Cara Yang Benar


KeluargaKucing - Pada jaman dahulu kala, kala kucing tercipta sudahlah dianya takut kepada air. Maka dari itu dia mandi sendiri, dengan groooommiiinng...

Yak, kucing pada dasarnya cinta banget dengan kebersihan. Mereka memegang teguh "kebersihan adalah sebagian dari iman". Kucing membersihkan dirinya sendiri dengan menjilati seluruh tubuhnya, Kecuali muka dia sendiri sih. hehehe

Tapi pawrents, kucing berbulu tebal masih tetap memerlukan mandi lho. Karena bulu mereka terlalu tebal, jadi dengan menjilat saja masih kurang. Jadi bantu mereka dengan memandikannya paling tidak seminggu sekali. Bagi kucing yang terkena kutu juga harus di mandiin ya. Cukup sekali seminggu, atau dua kali seminggu, tidak perlu terlalu sering dengan tujuan agar bulu mereka tidak kusut dan terhindar dari kutu. 

Pawrents, sebelum memulai ritual memandikan kucing, ada baiknya memerhatikan hal-hal berikut.

  1. Usia - Mandikan kucing setelah cukup usia ya. Paling tidak usia 2-3 bulan. Kalau kurang dari itu, jangan. Masih terlalu kecil. 
  2. Suhu Air - Kucing itu benci air lho, jadi jangan buat dia kedinginan pada saat mandi. mandikan kucing dengan air hangat.
  3. Kondisi Kesehatan - Kucing yang demam dan sakit jangan di mandiin dulu ya. Apalagi yang hamil dan menyusui. 
  4. Cara Mandi - Jangan langsung guyur kucing dengan air. Tapi cipratkan dulu pelan pelan. Biarkan si empus beradaptasi dengan air. Supaya tidak trauma. 
  5. Perhatikan Jenis Kucing - Kucing seperti maine coon, turkish van, turkish angora, tidak akan sulit dimandikan, karena mereka suka air. Masing-masing kucing memiliki karakter berbeda. 
Jadi begitu pawrents, semoga tips-tips tadi bisa membantu. 

STOP! Jangan Berikan Coklat Kepada Si Kucing

KeluargaKucing - Pawrents, siapa sih yang engga suka dengan coklat? Semua suka. Mulai dari makanan ringan, minuman coklat, sampai dengan es krim, pasti ada yang rasa coklat. Tapi pernahkah pawrents memberikan coklat kepada kucingnya? Jika pernah, STOP, hentikan mulai sekarang. Cokelat tidak baik bagi kucing, bahkan bersifat racun yang mematikan. Memang banyak penelitian yang menyatakan bahwa coklat bermanfaat bagi manusia. Namun tidak demikian bagi kucing.

Kenapa demikian? Karena coklat mengangudng Theobromine & Caffeine. Dalam jumlah yang cukup, kedua zat tersebut bersifat racun bagi kucing. Kucing yang mengonsumsi coklat akan mengalami gejala pernafasan yang terengah-engah, denyut jantung yang tinggi, dan gelisah. Hal ini karena adanya perubahan sumber kalsium dan energi pada tingkat sel. Kafein juga merangsang jantung dan sistem saraf pusat secara langsung.

Gejala lebih lanjut pada kucing adalah hiperaktif, muntah, yang disusul dengan diare, tremor otot, suhu tubuh kucing yang meningkat, bahkan pada beberapa kasus kucing mengalami kejang, koma, dan mengalami kematian.

Pawrents yang terlanjur memberi makan kucingnya dengan coklat, segera buat kucing memuntahkannya. Ini dilakukan untuk mengeluarkan sebanyak mungkin coklat yang terlanjur masuk kedalam perut sebelum diserap oleh pencernaan. Lalu segera bawa ke dokter hewan. Ingat, lebih cepat lebih baik.

Jadi Pawrents, jangan pernah memberikan coklat kepada kucing kita ya. Jangan pernah meninggalkan coklat dalam keadaan terbuka dan dalam jangkauan si empus. Dan jika Pawrents memiliki anak kecil, ajarkan sejak sekarang untuk tidak memberikan coklat kepada saudara kaki empatnya.

Wow, Ternyata Kucing Suka Makan Es Krim Juga


KeluargaKucing - Kalau udara lagi panas-panasnya, paling enak memang makan es krim. Apalagi yang rasa vanilla.. hehehe......
menikmati es krim dengan terburu-buru bisa mengakibatkan penderitaan baru, mungkin kamu sudah familiar atau bahkan menikmatinya, yaitu BRAINFREEZE

Kondisi yang disebabkan oleh makanan dingin ini resmi diakui oleh International Headache Society, seperti dilansir dari Daily Mail.

Apa itu brain freeze?

Dari definisi resmi IHS, brain freeze adalah sensasi sakit kepala yang menusuk di tengah dahi akibat “menelan atau menghirup stimulus dingin”. Kondisi ini biasanya terjadi ketika cuaca sangat panas dan seseorang mengonsumsi makanan dingin terlalu cepat. Sebagai hasilnya, nama resmi brain freeze adalah Cold Stimulus Headache (CSH).
Brain freeze adalah alarm yang diberikan oleh tubuh Anda agar memperlambat laju makan Anda dan jangan terburu-buru. Namun, peneliti menemukan bahwa memakan sesuatu yang dingin lambat-lambat juga dapat memicu timbulnya si “otak beku” ini.
Brain freeze tidak hanya terjadi pada manusia. Beberapa video menangkap bahwa kucing juga mengalami brain freeze. Seperti video dibawah ini.



Namun demikian, jangan berikan es krim yang mengandung cokelat kepada si empus. karena pencernaan kucing tidak didesain untuk mencerna cokelat. Kenapa kucing tidak boleh mengonsumsi coklat? baca selengkapnya disini.

Jadi, mau coba berbagi eskrim dengan kucing??

Apa Yang Terjadi Jika Kucing di Beri Durian? Sangat Mencengangkan


KeluargaKucing - Sebelumnya kita udah liat kucing vs duren (1), kalau belum coba cek disini deh Kucing vs Duren (1)

si empus K.O. saudara saudara....eheheheh...


tapi liat deh video disini, si Tipuss.. Kucing milik Tuyem Warga Hargotirto, Kokap, Kulonprogo, Yogyakarta ini hobi banget makan durian. saking doyannya, dalam sehari kucing ini bahkan mampu menghabiskan 1 buah durian. ia pun tak pernah mengalami mabok meski setiap hari makan buah berduri ini


tapi kalo tiap hari makan duren, bisa-bisa bangkrut nih kita... eheheheheh

awas darah tinggi mpusss... 


Apa Yang Terjadi Jika Kucing di Beri Durian? Sangat Mencengangkan


KeluargaKucing - Siapa sih yang tidak suka dengan durian? Pastinya, penikmat buah ini sangat banyak. Umumnya, buah tropis yang mempunyai bau khas yang harum dan berkulit tajam ini, daging buahnya berwarna kuning atau putih. 

Namun apa jadinya jika buah yang memiliki aroma sangat khas cenderung menyengat ini diberikan kepada si empus?


Pingsan coy.....

Antara Mitos Kucing Hitam Pembawa Sial dan Marvel Black Panther



KeluargaKucing - Film Black Panther memang sukses menggemparkan jagad perfilman dunia. Segala jenis mechandise nya pun laris manis di borong jemaah marveliyah. Dampaknya pun dirasakan di dunia perkucingan, terutama di Amerika.

Menurut salah satu pengguna tumblr, salah satu shelter di Durango, Colorado, didatangi orang-orang yang ingin mengadopsi kucing berwarna hitam. Padahal selama ini kucing hitam dianggap pembawa sial bagi pemiliknya. Mereka ingin mengadopsi kucing-kucing tersebut dan memberinya nama "T'Challa" 

Di satu sisi, hal ini positif karena menghapus stigma negatif terhadap kucing hitam yang selama ini beredar di masyarakat, dan jika dampak ini bertahan lama, tidak akan ada lagi orang yang membuang kucing berwarna hitam dengan alasan "pembawa sial". 

Namun disisi lain, timbul kekhawatiran bahwa tren ini hanya sementara. Jika nanti efek Black Panther telah usai, mereka akan menelantarkan kembali kucing-kucing yang telah mereka adopsi sebelumnya. 

Jika orang-orang terinspirasi oleh Black Panther dan menamai kucing hitam mereka dengan nama T'Challa, T'Chaka, ataupun Killmonger mereka harus serius dan bertanggungjawab terhadap kucing-kucing tersebut. 


WAKANDA FUR-EVER

INGAT! Jangan Menyuapi Kucing Dari Bagian Depan Mulutnya


KeluargaKucing - Sekedar share pengalaman saja mengingat akhir2 ini sepertinya banyak sekali kucing yg sakit, terutama kitten, dengan gejala diare, males makan, dan muntah. Petunjuk ini bukanlah pengobatan, tapi perawatan, karena virus tidak bisa diobati, hanya kekebalan tubuhnya yg bisa melawan virus tersebut.

Sekitar 2 bulan yg lalu kitten2 saya juga mengalami gejala2 di atas, namun karena saya belum ngerti cara perawatan yg benar (pemberian makan dan cairan), akhirnya 5 di antara 6 kitten saya mati sia-sia karena dehidrasi T_T.
Hanya 1 yg bisa bertahan karena saat saya tau cara merawat/mengobati yg benar, yang 5 dah terlanjur mati.
Menurut dokter, karena dengan gejala tsb biasanya disebabkan oleh virus, maka yang bisa kita lakukan hanyalah menjaga daya tahan tubuh kucing agar tidak menurun dan tidak dehidrasi karena virus tidak bisa mati karena obat. Obat yg diberikan sifatnya hanya membantu system pertahanan tubuh dalam melawan virus tsb.

Maka cara perawatan berikut ini HANYALAH saran pemberian makan buat yg susah makan dan harus dipaksa/disuapi.
Untuk obat yg saya cantumkan adalah obat yg diresepkan oleh 3 Drh. langganan saya.

Jangan lupa pisahkan yg sehat dan yg sakit, atau kalau kucingnya banyak. Pisahkan jadi 3 bagian, yg sehat, yg sakit ringan, dan yg sakit parah. Urutkan pemberian makan dari yg sehat terlebih dahulu, yg sakit ringan, dan yg terakhir yg parah.

langsung aja ya….oh ya, prinsip pemberian makan dan cairan untuk yg malas makan/dehidrasi adalah sedikit2 tapi sering, biar gak muntah
alat dan bahan :
1. Spuit/suntikan  1 cc (untuk kitten)/3cc(untuk dewasa), lepas jarumnya
2. kuning telur mentah (kuning telur bermanfaat merangsang nafsu makan dan proteinnya tinggi)
3. madu, sekitar ½ sdt (sebagai antibiotik alami)
4. Cairan infuse RL (Ringer Laktat)
5. Cairan infuse D5 (Dextrose 5 %)
6. Im Boost / stimuno syrup (vitamin/imunodilator)
7. Spuit 10 cc untuk menyedot cairan infus dari kemasannya
8. obat maag Antasida doen cair.
9. Cefadroxil syrup kering, cairkan dengan air masak dengan jumlah sesuai petunjuk di kemasannya. Kalo bingung bisa minta tolong ke apotekernya (hanya untuk yg menunjukkan tanda2 infeksi sekunder seperti pup bau busuk)

Cara pemberian makan dan cairan

1.  Campurkan kuning telur dan madu, taruh di wadah bersih.

2.  Campurkan RL dan D5 dengan perbandingan 1 : 1. Misalnya 5 cc RL dengan 5 cc D5, taruh d wadah bersih.

3.  30 menit sebelum pemberian makan, berikan Antasida dengan dosis 1 cc untuk kitten dan 2 cc untuk dewasa, agar nanti makanan tidak dimuntahkan lagi, DIBERIKAN 3 X SEHARI, TAPI INGAT YA, PEMBERIAN MAKANAN/CAIRAN TETAP 2-4 JAM SEKALI, jadi antasida ini diberikan pas jam2 makan utama, misal sebelum pemberian makan jam 6, jam 8 dan jam 10 kasih makan & cairan lagi, nah nanti untuk sebelum pemberian makan yg jam 12 baru dikasih antasida lagi.

3. Sedot campuran telur dan madu dengan spuit 1 cc yang sudah di lepas jarumnya sampai penuh, masukkan bagian depan spuit ke mulut kitten,masukinnya lewat samping kanan atau kiri ya, jangan dari mulut bagian depan, lewat di antara gigi2 samping itu lo... agar tidak masuk ke paru dan kita pun lebih mudah masukinnya. Tekan spuit pelan2 sampai makanan masuk (kayak kalo kita kasih obat lewat pipet itu). Jika kitten menunjukkan gejala mau muntah, hentikan pemberian, tunggu sampai dia gak muntah. Kalo udah gak ada gejala mau muntah, lanjutkan sampai 2-3 cc (2-3 x spuit). Lakukan setiap 2 jam sekali, atau kalo ngasihnya 4 jam sekali bisa diberi 5-6 cc.

4. Sedot cairan yg sudah d campur, kemudian masukkan seperti cara pemberian makan. Untuk cairan beri 4-5 cc per 2 jam sekali atau 8-10 cc per 4 jam sekali.

5. Berikan antibiotik (cefadroxil) yang sudah dicairkan 2x sehari dengan dosis 1cc untuk kitten dan 2cc untuk dewasa

6. Untuk vitamin/imunodilator, berikan 1 cc per hari.

7. Jika nafsu makan kitten sudah mulai membaik, kurangi frekuensi pemberian makan, karena biasanya mereka sudah makan lebih banyak. Dan kalau sudah bisa makan sendiri, hentikan pemberian makan/cairan lewat spuit.  Untuk vitamin bisa diteruskan sampai kondisinya benar2 pulih.

Ulangi jika dimuntahkan bahkan meski muntahinnya 1 jam setelah pemberian, wajar saat awal2 pemberian kitten masih tetap muntah.

Tambahan :
1. kitten yg saya maksud di atas adalah yg berusia 5 bulan ke bawah ya, kalo udah lebih dari 5 bulan saya anggap dewasa dan berikan makanan, cairan maupun vitaminnya 2 x jumlah yg diberikan untuk kitten, misalnya untuk makan 4-6cc per 2 jam sekali, dan vitaminnya 2 cc perhari
2. Perhatikan juga pup.nya, apa dia susah pup atau egk, kalo iya, tunda dulu pemberian makan 1-2 jam berikutnya, atau kalo bisa sampai dia pup/ perutnya kempes.
contohnya untuk pemberian tiap 2 jam sekali, misal pemberian berikutnya adalah jam 9, tapi karena dia belum bisa pup, atau perutnya terlalu besar, tunda pemberian makan sampai jam 10 atau jam 11 atau sampai perutnya kempes, karena artinya makanannya belum dicerna. Kalo sampai 2 jam berikutnya belum juga pup,tetap berikan cairan agar tidak dehidrasi.
3. Untuk yg tidak bisa pup sampai perutnya besar banget trus sampe ungu/biru,bisa diberikan dulcolax yg dilewatkan dubur itu lho….pemberiannya 2 kali pencet.
4. CEFADROXIL merupakan antibiotik, diberikan 2 x sehari dengan dosis 1 cc untuk kitten kecil dan 2cc untuk yg 5 bulan ke atas. Harus diperhatikan bahwa pemberian antibiotic harus sampai 7 hari, kalo belum sampai 7 hari JANGAN SAMPAI DIHENTIKAN  karena akan membuat virus jadi kebal. Dan jangan gunakan obat ini jika sudah dibuka/dicairkan lebih dari 7 hari. INGAT, OBAT INI DIBERIKAN SETELAH KUCING DISUAPI MAKANAN.
5. Selalu gunakan spuit yg berbeda untuk setiap kitten.
6. jangan berikan susu pada kucing yang diare.

Selalu cek kondisi kitten setiap jam, apakah kondisinya membaik atau tidak.Kalo kondisinya memburuk segera konsultasi dengan vet terdekat, panduan ini hanya sekedar membantu untuk teman2 yang mungkin berat di ongkos  kalo harus membawa kitten2 ke vet, karena saya juga pernah mengalaminya, dan perawatan diatas benar2 murah dan efektif.
Saya PERINGATKAN, melakukan perawatan dengan cara di atas benar2 membutuhkan ketelatenan luar biasa. Semoga bermanfaat :)